.

.

.

.

.

    , , , ,

    ELVIPS.COM Mukidi mendadak jadi seleb yang kisah humornya dikutip di mana-mana. Entah siapa yang membuat ceritanya, yang kadang ditulis dalam bahasa Indonesia, kadang Jawa.

    Tokoh Mukidi juga tidak begitu jelas, kadang dia orang Jakarta, kadang orang Jawa, kadang Madura. Dia kadang digambarkan masih duduk di bangku sekolah dasar, kadang sudah dewasa, kadang sudah kakek-kakek.
    Blog Ceritamukidi (ceritamukidi.wordpress.com) menulis begini: "Mukidi berasal dari Cilacap. tipikal orang yang biasa saja, tidak terlalu alim, mudah akrab dengan siapa saja. Punya karir tapi kadang-kadang bisa menjadi apa saja. Istrinya Markonah,  juga punya karir tapi tidak terlalu istimewa. Anak mereka 2 orang, Mukirin yang sudah remaja dan Mukiran yang masih duduk di bangku SD. Sahabatnya adalah Wakijan."
      Siapa pun yang menulisnya patut mendapat ucapan terima kasih karena telah membuat Indonesia tertawa dengan cerita-cerita segarnya yang terus beredar di jejaring media sosial.
      Inilah beberapa kisah Mukidi itu. Selamat membaca.

      MUKIDI DAN GAJAH


      Jarum jam sudah menunjukkan pukul 07.00. Bel sekolah berbunyi dan para siswa pun langsung berlarian memasuki kelasnya masing-masing. Termasuk Mukidi. Mukidi memang sangat dikenal oleh para guru di sekolah itu. Anaknya sih nggak bandel-bandel amat. Namun dia sangat populer sebagai anak yang nyebelin banget.
      Siang itu Mukidi duduk di paling depan. Karena salah satu bangku teman yang ada di depan tidak masuk. Maka dari itu Mukidi berniat duduk di paling depan. Kebetulan pelajaran hari itu adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Ini adalah mata pelajaran yang paling disukai oleh Mukidi. Nah pada kesempatan itu, Guru Mukidi berkeinginan untuk membuat teba-tebakan nama hewan. Berikut dialognya
      Guru: "Anak-anak, apa nama binatang yang dimulai dengan huruf G ?".
      Mukidi berdiri dan menjawab : "Gajah, bu guru !"
      Guru: "Bagus, pertanyaan berikutnya. Apa nama binatang yang dimulai dengan huruf 'D' ?"
      Semua murid diam, tapi Mukidi kembali berdiri :"Dua gajah, Bu Guru..."
      ....gerrr sak kelas
      Guru :"Mukidi, kamu berdiri di pojok sana !
      Ayo anak-anak kita lanjutkan. Pertanyaan berikut, binatang apa yang dimulai dengan huruf "M"?  
      Semua murid diam.
      Tapi lagi-lagi Mukidi menjawab dengan tenang "Mungkin Gajah..."
      Guru:"Mukidi, kamu keluar dan berdiri di depan pintu !"  
      Mukidi keluar dengan suuedihhh. Guru melanjutkan.
      Guru :"Pertanyaan terakhir. Anak-anak, binatang apa yang dimulai dengan huruf "J"?
      semua diam.
      Tak lama sayup-sayup terdengar suara Mukidi dari luar kelas
      Mukidi : "Jangan-jangan Gajah"
      Saking kesalnya, Bu Guru menyuruh Mukidi pulang....
      Guru : "Sekarang anak-anak, binatang apa yang diawali dengan huruf P ?"
      Sekali lagi semua murid terdiam.
      Tiba-tiba HP bu Guru berdering.
      Guru: "Ya hallo..."
      HP : 'Maaf bu, saya Mukidi. Jawabannya: Pasti Gajah"


      SETELAH MUKIDI SUKSES DAN PUNYA ANAK CUCU


      Suatu malam, mbah Mukidi yang sudah berusia 85 thn telpon ke dokter pribadinya.
      "Dokter, ada yang aneh dengan toilet saya. Setiap malam waktu saya mau kencing, lampunya langsung nyala sendiri begitu saya buka pintunya."
      Sang dokter menjawab, "Mbah, embah istirahat saja deh, nanti saya perbaiki." Kata si dokter, mencoba menenangkan mbah Mukidi.
      Karena merasa ada yang aneh, kemudian si dokter menelpon keluarga si Embah, dan yang ngangkat putri bungsunya, Sheilla namanya.
      "Halloo dik Sheilla, tadi mbahmu memberitahu bahwa lampu toiletnya langsung menyala saat pintunya dibuka, apa memang kamar mandi di pasang lampu otomatis ?"
      Mendengar hal ini, Sheilla langsung berteriak,
      "Mamah... Kakak ... mbok Ijah ... Papah kencing di kulkas lagi tuhhh..."
      Dokter: "Waduhhhh..."

      TERNYATA MUKIDI TERLALU SAYANG SAMA ISTRINYA


      Suatu hari istri Mukidi akan melahirkan anak pertama mereka.
      Mukidi pun buru-buru ke rumah sakit dan disuruh masuk untuk menyaksikan proses persalinan
      Setelah persalinan selesai Mukidiipun mengecup kening istrinya sambil berkata:
      Mukidi: Alhamdulillah... anak kita perempuan, makasih yaa, sayaank...
      Istri: Iyaa, kang
      Mukidi: Sakit yaa, sayank...?
      Istri: Iyaa kang...sakiit banget!
      Mukidi: Yaaank... aku sayaaang banget sama kamu... aku ga tega
      Istri: Iyaa kang...!
      Mukidi: Nanti kalau untuk anak kedua titip sama yang lain aja yaaa... jangan dari kamu lagi, aku ga tega, yaank.
      Istri: ...??????????...

      MUKIDI LAGI MUKIDI LAGI


      Ternyata Markonah, istri Mukidi, masih perawan. Dia pergi ke dokter kandungan utk periksa.
      Waktu dokter mau periksa bagian dalam, terjadi percakapan:
      Markonah: “Hati-hati periksanya ya Dok, saya masih perawan lho…”
      Dokter: “Lho… katanya ibu sudah kawin-cerai 3x, mana bisa masih perawan…?? ”
      Markonah: “Gini lho Dok, eks suami saya yang pertama ternyata impoten…...!!”
      Dokter: “Oh begitu… tapi suami ibu yang kedua tidak impoten kan....?”
      Markonah: “Betul Dok, cuma dia Gay, jadi saya tidak pernah di-apa2in sama dia…”
      Dokter: “Lalu suami ibu yang ketiga si Mukidi tidak impoten dan bukan gay kan....?”
      Markonah: “Betul Dok, tapi ternyata dia itu orang partai…”
      Dokter: “Lalu apa hubungannya dengan keperawanan ibu…??”
      Markonah: “Dia? cuma janji-janji saja Dok, tidak pernah ada realisasinya..... Jadi cuma dicontreng aja, gak dicoblos......!!!

      MUKIDI NONTON BIOSKOP


      Jam 8 pagi di kantor bioskop.
      Kriiiiing! telpon di meja kantor bioskop XXl berbunyi.
      Mukidi : "Halloow mas.... sy mau nanya, bioskop buka jam brp.... ?"
      Penjaga : "Jam  satu mas.
      Mukidi : "Bisa buka jam sembilan tidak mas?"
      Penjaga : "Gak bisa. Biasa jam satu bukanya."
      Jam 11, telepon bunyi lagi.
      Mukidi : "Hallow..... Jam brp bukanya bioskop?"
      Penjaga : "Kamu yg telpon td ya mas? Kan sdh dikasih tau.. bukanya jam 1"
      Mukidi : "Jam 12 tdk bisa, mas?"
      Penjaga : "Tdk bisa! Emang bioskopnya mbahmu apa!"
      Mukidi : "Nawar sedikit saja mas. Gak apa2 sdh, setengah satu saja ya?"
      Penjaga : [dongkol] "Sebenarnya km mau nonton film apa tho, kok telepon terus-terusan?"
      Mukidi : [sambil menangis] "Saya ini sebenarnya di dalam bioskop mas. Tadi malam pas nonton pilem ketiduran. Tolong, mas, bukakan pintunya. Saya pingin pulang."

      MUKIDI MERDEKA


      Jaya adalah tetangga Mukidi, tapi mereka tak pernah rukun. Mukidi merasa Jaya adalah saingannya.
      Jika Jaya beli sepeda baru, Mukidi tidak mau kalah. Mukidi ya beli sepeda baru juga.
      Ketika menjelang Lebaran, rumah Jaya dicat merah. Besoknya, Mukidi mengecat dengan warna merah juga.
      Karena kini 17 Agustusan, Jaya memasang spanduk di depan rumah bertulisan "INDONESIA TETAP JAYA".
      Hati Mukidi panas dan memasang spanduk juga dangan tulisan "INDONESIA TETAP MUKIDI"

      MUKIDI PROFIL ANAK MUDA MASA DEPAN


      Hari pertama waktu Mukidi dites baru masuk SD kelas 1 dia sudah protes sama Ibu Guru: “Bu, Saya seharusnya duduk di kelas 3.”
      Bu Gurunya heran, “Kenapa kamu yakin begitu?”
      Mukidi menjawab dengan mantap: ”Soalnya saya lebih pintar dari kakak saya yang sekarang kelas 3.”
      Akhirnya Bu Guru membawa Mukidi ke ruang Kepala Sekolah. Setelah diceritakan oleh Bu Guru, Pak KepSek lansung mencoba menguji Mukidi dengan berbagai materi pelajaran murid kelas 3 SD.
      Kepsek : "Berapa 16 dikali 26?"
      Mukidi : "416."
      Kepsek : "Perang Diponegoro berlangsung tahun berapa?"
      Mukidi : "1825-1830."
      Kepsek : "Siapa penemu lampu bohlam?"
      Mukidi : "Thomas Alfa Edison "
      Kepsek : "Hewan yang memakan daging dan tumbuhan termasuk golongan apa?"
      Mukidi : "Omnivora."
      Setelah beberapa pertanyaan, Pak Kepsek bilang ke Ibu Guru: “Kelihatannya Mukidi memang cerdas, saya rasa bisa masuk di kelas 3.”
      Tapi Ibu Guru masih belum yakin. "Coba saya tes lagi Pak”, kata Bu Guru.
      Ibu Guru : "Benda apakah yg huruf pertamanya K huruf terakhirnya L, yg bila dipakai menjadi tegang, dan setelah dipakai lemas?" (mendengar pertanyaan seperti itu Pak KepSek melongo kaget)
      Mukidi : KETAPEL (jawab Mukidi mantab)
      Ibu Guru : "OK, sekarang apakah yg huruf pertamanya M huruf terakhir K, di tengah benda itu ada kacangnya?" (Pak KepSek makin melongo sambil melap keringat di jidatnya)
      Mukidi : MARTABAK!
      Ibu Guru : "OK, berikutnya. Kegiatan apakah yang biasa dilakukan anak remaja di kamar mandi dengan gerakan yang berulang ulang? Huruf pertamanya M huruf terakhir I." (Pak KepSek makin salah tingkah denger pertanyaan Bu Guru)
      Mukidi : MENGGOSOK GIGI
      Ibu Guru : "Kegiatan apakah yg biasa dilakukan pria dan wanita yang lagi pacaran di malam hari, huruf pertamanya N huruf terakhir T." (Pak kepSek nyaris pingsan ?? denger pertanyaan terakhir)
      Mukidi : NONTON MIDNIGHT
      Sebelum Bu Guru melanjutkan pertanyaan berikutnya, pak kepsek memotong,,,,     "Ibu Guru, Mukidi masukin ke Universitas aja. Saya yang lulusan S-2 aja salah terus nebaknya"
      Berfikir Positif dan jadilah spt Mukidi ........????

      MUKIDI IKUT LOMBA NYANYI LAGU HARI KEMERDEKAAN


      Mukidi : "enam belas agustus tahun empat lima...".
      Juri : "salah itu..., ulangi !".
      Mukidi: "enam belas agustus tahun empat lima...".
      Juri : "salah...,  kesempatan terakhir!"
      Mukidi: "saya ndak salah pak, sampean dengar saya nyanyi dulu".
      Akhirnya juri serius mendengarkan Mukidi bernyanyi.
      Mukidi: "enam belas agustus tahun empat lima..., BESOKNYA hari Kemerdekaan kita..."

      MUKIDI DAN RAPORT


      Ini cerita pas Mukidi nampa rapot...
      *Mukidi* : "Pak, mengko pas preian nyong detukokna pit ya.."
      *Bapake Mukidi* : "Oke, tapi rapot sekolahmu kudu ana angka 9-e. Telu bae, ora usah kabeh".
      Bar tampa rapot ...
      *Mukidi* : "Pak, rapote inyong ana angka 9-ne telu. Pit-e endi, Pak..?!"
      *Bapake Mukidi* : "Naaaahhh kaya kuwe sing jenenge anake Inyong. Pinter sekolahe. Kae pit-e wis tek tukokna, neng pedangan. Rapote endi..??"
      *Mukidi* : "Tek delah neng ndhuwur tivi, Pak..." ujare Mukidi karo ngglindhing numpak pit anyar.
      Isi Raporte :
      -Matematika = 3
      -IPA = 4
      -Penjas = 4
      -IPS = 4
      -Bhs Indonesia = 3
      -Sakit = 9
      -Ijin = 9
      -Alpa = 9

      AYAM GORENG


      Dalam keadaan lapar, Mukidi masuk ke sebuah rumah makan. Ia memesan ayam goreng. Tak lama kemudian sebuah ayam goreng utuh tersaji. Baru saja Mukidi hendak memegangnmya, seorang pelayan datang tergopoh-gopoh.
      "Maaf mas, kami salah menyajikan. Ayam goreng ini pesanan bapak pelanggan yang disana", kata pelayan sambil menunjuk seorang pria berbadan kekar dan berwajah preman.
      Akan tetapi karena sudah terlanjur lapar, Mukidi ngotot bahwa ayam goreng itu adalah haknya.
      Pria bertampang preman itu segera menghampiri meja Mukidi dan menggertaknya.
      "AWAS kalau kamu berani menyentuh ayam itu...!!! Apapun yang kamu lakukan kepada ayam goreng itu, akan aku lakukan kepadamu. Kamu potong kaki ayam itu, aku potong kakimu. Kamu putus lehernya, aku putus lehermu..!!!"
      Mendengar ancaman seperti itu, Mukidi hanya tersenyum sinis sambil berkata, "Silahkan! siapa takut?"
      Lalu Mukidi segera mengangkat ayam goreng itu dan menjilat pantatnya.

      MUKIDI LAGI..OH... MUKIDI


      MUKIDI yang asli madura, sedang berlibur ke Jakarta.
      Dia keliling Jakarta dg naik metromini.
      Dia mengamati sgala yg terjadi di dlm metromini. Termasuk kernet & penumpang bus tsb.
      Tak lama kemudian si kernet bilang: "Dirman..  Dirman..   Dirman.." (tanda bahwa bus sampai di jl sudirman)
      Lalu seorang penumpang laki-laki teriak: "kiri..!"
      Dan turunlah penumpang tersebut..
      Selang berapa lama kernet teriak: "Kartini.. Kartini.. Kartini.."
      Seorang cewek muda nyeletuk: "kiri..!", lalu cewek tsb pun turun..
      Beberapa lama kernet itu teriak lagi: "Wahidin.. Wahidin.. Wahidin.."
      Adalagi cowok yg bilang: "Kiri!"
      Tak selang lama si kernet teriak lagi: "Gatot Subrotooo! Gatot Subrotooo!"
      Seorang pemuda ganteng berkumis tebal menjawab: "Kirii..!!"
      Maka turunlah si kumis itu.
      Maka....
      Tinggallah seorang diri MUKIDI dalam bus. Dgn hati jengkel dia colek si kernet, dg nada marah MUKIDI bilang:
      "Korang ajjar sampiyan ya... Daari tadi rang-orang sampiyan panggil. Lhaaa nama saya ndak sampiyan nggil panggil! Kalo begini, kaaapan saya toron?!!!"
      Untung si kernet tanggap..
      "Siapa nama bapak..?"
      "Namaku MUKIDI", jawabnya.
      Si kernet langsung teriak: "MUKIDI. MUKIDI.. MUKIDI.. !!!"
      MUKIDI pun lega dan berkata: "Naaaah.. Beggiitu..!! Kirri...!"
      Maka turunlah MUKIDI di jalan tol.
      Bagi yg menemukan MUKIDI harap menghubungi keluarganya di Sumenep.

       

      MAAF, MUKIDI MUNCUL LAGI


      Guru bertanya:"Anak-anak... Siapa yg mau masuk surga..?"
      Serempak anak-anak menjawab "Sayaaaa..!"
      Mukidi yang duduk di belakang diam saja..
      Bu guru bertanya lagi : "Siapa yang mau masuk neraka..??"
      Anak-anak : "Tidak mauuuu....!!!" Mukidi tetap diam saja.
      Bu guru mendekat : "Mukidi, kamu mau msk surga atau neraka...?
      Mukidi: "Tidak kedua- duanya bu guru..."
      Bu guru: "Kenapa..?"
      Mukidi: "Habis wkt ayah saya mau meninggal, beliau berpesan, 'Mukidi, Apapun yang terjadi kamu harus masuk TENTARA...!"

      , , , , ,

      ELVIPS.COM - Merupakan kesempatan yang berharga bisa bertemu dengan Fethullah Gulen, seorang ulama kharismatik yang pernah dinobatkan oleh majalah Foreign Policy sebagai orang nomor satu paling berpengaruh pada tahun 2008. 


      detikcom bersama jurnalis lain berada seharian, Minggu (21/8/2016) pagi hingga sore di kamp yang menjadi tempat tinggalnya sekarang, di sebuah lahan seluas 10 hektar di kawasan pedesaan Saylorsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. 

      Kamp ini bukan milik Gulen, tapi milik para pengusaha Turki di Amerika Serikat yang memang menjadi pengikut Gulen. Kamp ini dikelola di bawah Yayasan Golden Generation, dengan nama lengkap Golden Generation, Worship and Retreat Center (GGWRC). Gulen tinggal di kamp ini sejak 1999 saat dia meninggalkan Turki dan menetap di Amerika Serikat. Gulen yang saat itu baru saja selesai menjalani operasi jantung memang disarankan dokter tinggal di kawasan ini. Karena itulah, pengikutnya mengundang Gulen untuk menetap di kawasan yang asri ini sambil mengajarkan ilmu-ilmunya. 

      Di tengah perbincangan, Gulen memberi waktu 40 menit untuk wawancara. Dia membantah keras terlibat kudeta, sebagaimana yang dituduhkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Gulen meminta Erdogan membuktikan tuduhannya. Dia sangat tenang menghadapi tuduhan ini. Namun kini dia sangat terluka dan sedih dengan kondisi Turki akhir-akhir ini.


      Bangunan utama kamp GGWRC

      Berikut wawancara lengkap dengan Gulen:

      Anda dituduh sebagai dalang kudeta oleh Presiden Erdogan dan Anda telah membantah tuduhan itu. Bagaimana Anda meyakinkan, bukan hanya komunitas internasional, namun juga rakyat Indonesia, bahwa Anda 100 persen tak bersalah atas kudeta yang gagal itu? 

      Astaghfirullah. Ketika situasi tersebut dipelajari dengan kehati-hatian dari sudut pandang menyeluruh, dalam hal sebab dan akibat, saya pikir tak banyak yang bisa saya katakan. Komunitas global dan media internasional yakin dan menggambarkan keseluruhan kasus ini sebagai sebuah skenario. Ada rumor bahwa intelijen Turki mempersenjatai orang-orang mereka di malam itu dengan niat untuk memperburuk situasi. Hal-hal yang dikatakan Erdogan sebelumnya tidak meyakinkan bagi opini publik untuk menjuluki gerakan Hizmet sebagai organisasi teror. Pada tahun 2013, para perwira polisi tertentu, jaksa dan hakim-hakim mengungkapkan aib mereka, pencurian, korupsi dan penggelapan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya bahkan tidak mengenal 1 pun dari 1.000 orang itu (hakim, perwira polisi atau jaksa). Saya menjadi tahu beberapa dari mereka sebagaimana yang diketahui semua orang lainnya lewat televisi dan pemberitaan. Dia (Erdogan) kemudian menyalahkan Hizmet juga untuk itu.

      Dengan bantuan kepolisian dan kehakiman, dia melemahkan dan menundukkan militer (penjelasan: referendum tahun 2010 memungkinkan bagi pengadilan sipil mengadili personel militer atas pelanggaran-pelanggaran di luar tugas-tugas resmi mereka). Setelah dia menguasai militer, dia mengalihkan fokusnya ke gerakan ini (Hizmet). Karena dia berharap gerakan tersebut membantu membukakan jalan bagi dia untuk menyatakan dirinya sebagai Pemimpin Agama di 170 negara di mana Hizmet ada, untuk menempatkan dia di tengah-tengah, dan agar dia disambut kemanapun dia pergi. Namun, ini tidak terlaksana dan keinginan-keinginan dia tidak terpenuhi dikarenakan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan kami. Kapal-kapal tidak berlayar sesuai dengan keinginan manusia. Kapal-kapal berlayar sesuai dengan aturan fisika. Ketika dia tidak mendapatkan apa yang diharapkannya, dia memilih untuk berada di pihak yang berlawanan. 

      Kebencian sudah ada pada dia sejak awal, seperti yang saya jelaskan dalam berbagai kesempatan. Pernah, dia datang pada saya untuk meminta pendapat saya ketika dia membentuk partai. Saat dia akan keluar, dia mengatakan pada seorang teman bahwa 'gerakan mereka' harus dimusnahkan lebih dulu. Dia mengatakan itu 17 tahun silam. Dia hanya mencari kesempatan yang tepat. Dia bilang dia mengganti tiga menteri hanya untuk menutup kursus-kursus persiapan kuliah, padahal tak ada yang terjadi (belum ada dakwaan korupsi dan sebagainya). Dia sudah iri dan cemburu sejak awal. 


      Menurut pandangan Gulen, apa yang sebenarnya terjadi pada 15 Juli? Apakah benar atau apakah Anda pikir Erdogan merancang kudeta itu? 


      Ada sejumlah rumor bahwa Dogu Perincek atau sejumlah perwira militer di belakang kudeta ini. Orang-orang ini juga mungkin telah memperdaya mereka yang percaya dan mereka yang bersimpati pada Anda. Mereka bahkan mungkin juga telah memperdaya Kepala Staf Jenderal. Untuk memperkuat kekuasaan mereka, mereka terus dan terus memberikan daftar ke militer tentang nama-nama yang akan dipecat dari militer. Mereka memberikan daftar 600, 1.600, atau 2.000 tentara/perwira yang akan dipecat di waktu-waktu berbeda. Saya pikir para pejabat tinggi di militer (darat, udara dan laut) menolak permintaan mereka (Erdogan dan partai AKP). Mereka (AKP) menyiapkan skenario dan kemudian mereka menahan dan memenjarakan mereka yang ada dalam daftar dengan tuduhan merancang kudeta dan menjadi bagian dari sebuah organisasi teroris. Mungkin membunuh beberapa dari mereka. 

      Ada berita pemerkosaan dan penyiksaan di media. Pada akhirnya, itu memperkuat tangan-tangan mereka. Media oposisi telah dibungkam di Turki dan media Turki hanya menyampaikan cara pemikiran dia (Erdogan); oleh karena itu, 50 persen atau 60 persen rakyat di Turki yakin pada apa yang dikatakannya. Akan tetapi, semua ini akan menjadi jelas ketika dunia menyelidiki soal itu. Mungkin dengan caranya itu, dia telah memperkuat kekuasaannya dan dianggap kuat, namun dia akan menghancurkan semua yang telah dilakukannya dengan tangannya sendiri. Saya pikir, mereka saat ini sedang berencana untuk masuk ke Suriah. Jika mereka mendesak militer menggunakan cara tersebut, apa yang dilihatnya sebagai menguntungkan, semuanya akan hilang. Dia dalam segala hal seperti Machiavelli (filosof politik Italia, Niccolo Machiavelli yang termasyhur karena nasihatnya bahwa seorang penguasa yang ingin tetap berkuasa dan memperkuat kekuasaannya haruslah menggunakan tipu muslihat, kelicikan, digabung dengan penggunaan kekejaman dan kekuatan).

      Apakah klaim Erdogan bahwa Jenderal Hulusi Akar dan Muhammet Kose bagian dari gerakan Hizmet adalah benar?

      Saya tidak mengenal Jenderal Kose, namun saya tahu nama Kepala Staf Jenderal Hulusi Akar dari TV. Saya tidak tahu hingga sejauh apa dia mengetahui atau terkait dengan gerakan Hizmet. Ada rumor bahwa dia berdoa, namun saya tak tahu seberapa tulus dia berdasarkan rumor-rumor itu. 

      Beberapa orang menyebarkan rumor beberapa tahun lalu bahwa Hulusi Akar bisa melakukan sesuatu terhadap pemerintahan sipil. Jadi dia juga bisa saja berada di belakang ini semua. Juga mungkin saja bahwa untuk memperdaya para perwira berpangkat rendah, para pemimpin politik mungkin telah menyebarkan rumor bahwa para pejabat tinggi akan beraksi melawan pemerintah, bahkan para agen mungkin telah menyebarkan rumor ini. Rumor seperti ini tersebar luas, bahkan hingga mencapai ke AS. Mereka menciptakan kesan bahwa sebuah aksi terhadap mereka (pemerintah) sedang direncanakan. 

      Dengan ini, mereka telah memperdaya orang-orang di militer yang memiliki pandangan positif pada Kepala Staf Jenderal. Mereka mungkin saja orang-orang Kemal, demokrat sosial, para pengikut Dogu Perincek, masyarakat yang tertipu, atau mereka yang bersimpati. Singkatnya, tahapan ini disiapkan sejak awal. Saya mempercayai rumor Hulusi Akar merencanakan hal seperti itu dengan para jenderal dari empat kekuatan sejak dua tahun lalu. Rumor-rumor jenderal tingkat tinggi seperti ini mungkin mendorong para perwira berpangkat rendah yang merasa antipati pada Erdogan. Dogu Perincek adalah salah satu orang yang merasa antipati pada Erdogan. Sekarang, dia ada di TV-TV mengumumkan bagaimana mereka menyingkirkan semua lawan mereka dan bagaimana militer sekarang persis seperti yang mereka inginkan. 

      Jika situasi seperti sekarang ini terus berlangsung di Turki, banyak rakyat yang akan menderita. Apa pesan Anda untuk membuat negara lebih damai dan membebaskan rakyat dari penderitaan?

      Dia (Erdogan) berharap untuk menundukkan semua oposisi. Sebelumnya dia telah menyulitkan pemilik Milliyet, dia membuatnya menangis di telepon dan juga Aydin Dogan, pemilik Hurriyet. Dia telah membungkam semua yang menentang dia. Dalam hal ini, semua yang menentang dia telah diprofilkan. Segera setelah kudeta, keesokan harinya, banyak orang dipenjara, dan hakim-hakim dan polisi diskors, yang menunjukkan bahwa mereka telah diprofil sejak lama. Rencana tersebut telah ada sejak lama. 

      Ada pepatah di Turki bahwa "ketika Anda membakar sesuatu, ada ranting kering dan ranting hidup." Ranting hidup juga terbakar bersama ranting kering, yang artinya bahwa dalam hukuman kolektif ini, siapapun yang dianggap mencurigakan ditahan tanpa memperhatikan ke siapa yang sebenarnya bertanggung jawab. Ada dua tujuan di balik ini. Tujuan pertama adalah membungkam siapapun yang kritis pada dia. Tujuan kedua adalah memanipulasi opini publik, untuk menakuti generasi mendatang, kaum muda, guna mencegah oposisi lebih jauh di masa mendatang. Dia mengeksploitasi sentimen agama di publik. Sebagai contoh, dia telah menutup ratusan sekolah dan mengubahnya menjadi sekolah-sekolah Islam untuk mengklaim bahwa dia melayani Islam. Ini menunjukkan bahwa dia bermain dengan sensitivitas masyarakat. Sejumlah tindakannya seperti memberantas oposisi, memenjarakan, menakuti kaum muda, menyebabkan mereka meninggalkan negara, dan memperkuat keotoriterannya bisa digambarkan sebagai tirani. 


      Sejumlah akademisi di Indonesia dan masyarakat Indonesia memandang Erdogan sebagai pembela heroik Islam dan Palestina. Apa pendapat Anda soal ini? 

      Astaghfirullah. Erdogan tidak tulus ketika dia membela Palestina. Kimse Yok Mu dari Hizmet dan teman-teman kamilah yang mengirimkan bantuan dan dukungan ke Gaza. Faktanya, Erdogan menutup rumah sakit Kimse Yok Mu untuk anak-anak di Gaza. Jika penyelidikan dimulai dari sana, maka bisa terlihat bahwa pemerintah Turki tidak membantu bahkan sedikitpun. 

      Agar tidak terlihat seperti pembohong, mereka beberapa waktu lalu mengirimkan sebuah kapal. Flotila Mavi Marmara itu menimbulkan lebih banyak masalah. Mereka berhadapan dengan Yahudi. Saat itu, kekerasan yang lebih serius bisa terjadi. Mereka (Wall Street Journal) meminta saya untuk diwawancarai saat itu. Salah satu menteri mereka (Nimet Cubukcu), menelepon saya untuk berterima kasih karena menyadarkan rakyat Turki. Tadinya rakyat siap untuk mempersenjatai diri mereka guna ikut bertempur. 

      Maafkan saya, tapi tak ada yang seperti dia jika menyangkut berbohong mengenai siapa dirinya sebenarnya. Dia seperti Machiavelli. Dia akan melakukan apapun, bahkan jika itu melanggar hukum, untuk mencapai tujuan-tujuannya. Tindakannya untuk muslim sama sekali tidak tulus. Itu semua tindakan agar terlihat seperti Pemimpin Agama, seperti Indonesia memandang dirinya.

      Saya akan cerita mengenai peristiwa seorang jurnalis yang menemani Erdogan ke sebuah negara di Timur Tengah. Jurnalis itu mengingat bagaimana saat mereka sedang berjalan bersama, seorang warga sipil menyapa dia dengan menyebut Amirul Mukminin. Erdogan kemudian menoleh ke jurnalis itu dan berkata, "Lihat, kan? Semua orang menerima saya sebagai Amirul Mukminin. Saya tidak menyuruh dia untuk memanggil saya seperti itu." 

      Dia memiliki semacam citra diri untuk dirinya sendiri. Dia berasal dari latar belakang sederhana namun dengan cepat meraih kekuasaan, yang merusak dirinya. Ada pepatah di Turki yang mengatakan 'seorang gipsi menjadi seorang raja, jadi untuk membuktikan dirinya dia menggantung ayahnya'. Siapapun yang datang dari daerah kumuh namun kini punya kekuasaan dan kekayaan untuk menyelundupkan jutaan dolar ke luar negeri, membuat armada-armada dan membangun vila-vila di mana-mana, akan dirusak dan diracuni oleh kekuasaan. Persis seperti Fuhrer dan Saddam, terlalu banyak kekuasaan meracuni dia. 

      Senjata dia paling berbahaya adalah penampilannya yang seperti muslim. Seorang mantan anggota parlemen dari partainya mengatakan bahwa selama empat tahun dia menjadi anggota parlemen, dia tidak pernah melihat Erdogan salat sekali pun. Jika warga Indonesia menganggapnya sebagai muslim, mereka bisa terus menyebut dia begitu. Dia bahkan mengadakan aksi-aksi demo selama kampanyenya di waktu salat Jumat, jadi para peserta demo tak bisa salat. Seseorang melakukan riset dan menemukan bahwa dia hanya melakukan salat Tarawih sekali dalam hidupnya karena dia terpaksa. Jika saudara-saudara muslim dan muslimah saya di Indonesia menganggap ini cerminan Islam yang benar, biarlah mereka terus menganggapnya demikian.

      Anda dan Erdogan dulunya sekutu erat namun bagaimana bisa berubah menjadi buruk, jika tidak bermusuhan, dan nilai-nilai dan prinsip apa dari Erdogan yang paling Anda tentang? 

      Kami tak pernah bersama. (Dukungan itu dasarnya semua prinsip). Dialah yang memulai kebencian dan permusuhan. Saya tidak bersikap seperti itu pada siapapun. Setelah dugaan korupsi 2013 muncul, dia mulai menyerang Hizmet. Ada beberapa orang yang mencoba memperbaiki situasi. Saya katakan pada mereka, jika dia muncul di TV-TV mengakui bahwa dia berdusta, memfitnah para pengikut Hizmet dan saya, saya akan menerimanya. Jika dihitung, kebohongan dan tuduhan-tuduhan dia mencapai hampir seribu, yang jika dikompilasi, bisa dijadikan sebuah buku. Jika dia mengatakan dia melakukan kesalahan dengan berdusta dan memfitnah dan meminta maaf saya, saya akan memaafkan dia karena Allah menyuruh kita untuk memaafkan. Namun, saya tak bisa memaafkan dia atas nama gerakan Hizmet seluruhnya dan para pengikut Hizmet yang dia fitnah. Itu urusan dengan Allah.

      Sumber:
      http://news.detik.com/berita/3283710/gulen-menjawab-lengkap-dari-tuduhan-kudeta-sampai-siapa-sosok-erdogan

      , , ,

      ELVIPS.COM - PT Pertamina (Persero) kembali menghadirkan Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) di dua kabupaten di pedalaman Papua yakni Kabupaten Memberamo Raya dan Nduga, mulai hari ini, Rabu (24/8/2016).

      "Terima kasih pak Jokowi, terima kasih Pertamina, setelah 71 tahun merdeka, kami masyarakat di Kabupaten Memberamo Raya, Papua ini baru saat ini merasakan harga BBM murah," kata Pejabat Bupati Memberamo Raya, Derek Hegemur saat meresmikan Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS) di Kasanaweja, Ibukota Memberamo Raya, Papua, Rabu (24/8/2016) .

      Menurut Derek Hegemur, hingga saat ini harga BBM di kabupaten tersebut sangat mahal yakni Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per liter. Kemahalan ini terjadi karena belum ada APMS, tetapi saat ini Pertamina sudah mendirikan APMS sehingga harga BBM di tempat itu sama dengan harga BBM di seluruh Indonesia.

      "Ini baru kami rasakan arti kemerdekaan harga BBM," katanya.


      Sementara itu, Manager Retail Pertamina MOR VIII Maluku Papua, Zibali Hisbul mengungkapkan, setelah tangga 17 Agustus 2016 Kabupaten Puncak Papua dan Kabupaten Pegunungan Arfak Papua Barat didirikan APMS, kemudian hari ini kembali diresmikan APMS di Kabupaten Memberamo Raya dan Nduga .

      "Ini sebagai pelayanan pemerintah kepada masyarakat Papua yang selama ini hanya menikmati harga BBM yang mahal yakni antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per liter, sekarang harga BBM di daerah itu sama dengan daerah lain di Indonesia," ujarnya.

      Dikatakan Zibali, kuota BBM untuk Kabupaten Memberamo Tengah yang sudah ditetapkan yakni 40 kiloliter (KL), terdiri dari 30 KL untuk premiun dan 15 KL untuk solar. 


      "Ini BBM yang disubsidi pemerintah yang dijual melalui APMS, tetapi untuk solar industri harga beda," sebutnya.

      Mendengar adanya harga BBM murah di Kabupaten Memberamo Raya, masyarakat menyambut baik. 

      "Terima kasih kami sudah dikasih harga bensin murah, selama ini kami membeli bensin seharga Rp 20.000 per liter, sekarang sudah Rp 6.500," kata Fransko seorang tukang ojek di Kasanaweja kepada DetikFinance, usai mengisi BBM di AMPS CV Memberamo Raya Mandiri.

      , , ,

      ELVIPS.COM - Nama pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto dipastikan tidak ada lagi dalam daftar starting grid F1 musim ini, setelah tim Manor Racing resmi mendepak Rio dari kursi pebalap utama. Belum selesainya pembayaran Rio kepada Manor, jadi alasan pemecatan pebalap F1 pertama asal Tanah Air ini.


      Dilansir dari Kompas, Rio Haryanto dipastikan urung menyelesaikan musim balap  F1 2016 secara penuh. Posisi dia di Manor Racing Team digantikan oleh pebalap yunior Mercedes yang  sebelumnya berlaga di ajang DTM 2016, Esteban Ocon.
      Pergantian kursi pebalap dalam tubuh Manor terjadi setelah Rio, yang berstatus pay driver, gagal menuntaskan sisa pembayaran yang telah jatuh tempo. Rio pun akhirnya hanya bisa menjalani 11 seri balap F1 atau hanya cuma separuh musim.
      Ocon mengaku senang dengan keputusan Manor yang menunjuknya sebagai pengganti Rio. Pebalap Mercedes pada seri DTM itu mengatakan siap melakoni tugas barunya.
      “Saya sangat senang akan melakukan debut balapan F1 dengan Manor Racing akhir bulan ini dan Sirkuit De Spa-Francorhamps merupakan sirkuit terbaik di negara saya,” tutur Ocon yang dilansir Motorsport, Rabu (10/8/2016).
      “Saya siap menjalani kenaikan kelas yang menyenangkan ini. Terima kasih kepada pengalaman yang saya dapat sebagai pebalap pengganti F1 (di tim Renault) pada musim ini,” ucap Ocon.
      “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Renault Sport F1 dan Mercedes-Benz yang telah bekerja bersama untuk memastikan ini terjadi, dan kepada Manor Racing untuk kesempatan yang diberikan,” kata pebalap asal Perancis itu.
      Ocon (19) tercatat sebagai pebalap binaan tim balap Mercedes. Selain membela tim pabrikan Jerman tersebut pada DTM 2016, Ocon juga menjadi pebalap pengganti tim F1 Renault.
      Sepanjang musim 2016, Ocon telah menjajal mobil F1 sebanyak empat kali. Ocon terakhir kali memacu jet darat milik Renault pada sesi latihan bebas pertama GP Jerman di Hockenheimring, 29 Juli lalu.
      Meskipun sudah dipastikan tidak lagi menjadi first driver Manor, namun Rio tidak lalu cabut dari tim asal Inggris tersebut. Kabarnya manajemen Manor masih berbaik hati dengan memberikan kesempatan Rio menjadi driver cadangan hingga akhir musim nanti.
      Tawaran ini sendiri langsung diterima manajemen Rio. Bagi Rio kesempatan bertahan di F1 meskipun sebagai driver cadangan akan dimanfaatkan untuk mencari sponsor baru, dengan harapan musim depan bisa kembali berlaga sebagai pebalap utama.

      , , , , , ,



      PILKADA.OR.ID - FULL AHOK Interview KABAR TOKOH Tv One 24 Agustus 2016 - AHOK Saya Dari Kecil PERCAYA DIRI dialog bersama gubernur DKI sebagai cagub petahana.

      Buka-bukaan Ahok soal Peluang Cagub dan Cawagub

      Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memutuskan maju melalui jalur partai politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Pria yang akrab disapa Ahok itu sebelumnya berencana maju melalui jalur perseorangan dengan calon wakil gubernur Heru Budi Hartono.
      Namun pada halalbihalal relawan Teman Ahok, Rabu (27/7/2016) malam, Ahok kembali menyinggung nama Djarot Saiful Hidayat, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang kini menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.
      Ahok kembali menegaskan ia cocok berpasangan dengan Djarot dalam memimpin ibu kota. Bahkan, kata dia, awalnya Ketua UmumPDI-P Megawati Soekarnoputri tidak akan mengajukan Djarot sebagai calon wakil gubernurnya dahulu. Saat itu, Megawati memilih kader lainnya, Boy Sadikin untuk berdampingan dengan Ahok.
      "Saking dekatnya aku sama Bu Mega, aku ngotot bilang enggak cocok (sama Boy), aku cocoknya sama Djarot. Aku sudah kenal Djarot begitu lama, pas aku Bupati Belitung Timur, Pak Djarot jadi Wali Kota Blitar," kata Ahok.
      Kini, lanjut dia, Megawati heran mengapa Ahok tak kembali berpasangan dengan Djarot pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Ia lebih memilih berpasangan dengan Heru.
      Kepada Megawati, Ahok mengaku ingin kembali berpasangan dengan Djarot. Namun Megawati tak memberikan Djarot jika ia maju melalui jalur perseorangan. Sebab, ada mekanisme partai politik yang harus dilalui.
      "Dari dulu Bu Mega sudah tahu aku suka sama Djarot kok. Bayangkan dulu aja Bu Mega aku ajak ribut buat pertahanin Djarot. 'Ini Ahok gimana gitu lho, dulu dia mau Djarot, saya dilawan juga' begitu kata Bu Mega," kata Ahok.
      Dengan demikian, Ahok berencana kembali menemui Megawati dalam waktu dekat. Dalam pertemuan itu, Ahok akan melaporkan bahwa dirinya sudah memutuskan maju melalui jalur partai politik.
      Ahok juga akan menceritakan keputusannya memilih Heru karena relawan Teman Ahok harus memasukkan nama calon wakil gubernur di dalam formulir dukungan calon perseorangan. Kemudian, apakah Ahok jadi berpasangan dengan Heru?
      "Ya saya tanya, Pak Heru berani enggak? Dia bilang, kalau perintah bapak, saya ikut. Meaki sebenarnya Pak Heru kan masih muda, pertimbangannya kalau jadi cawagub, harus berhenti dari PNS," kata Ahok.
      Ia pun menyerahkan hal ini sesuai keputusan partai politik pendukung serta relawannya.

      Kronologi Pembelian Lahan Sumber Waras Menurut Pihak Rumah Sakit


      Pihak Rumah Sakit Sumber Warasmemberikan penjelasan terkait proses pembelian lahan rumah sakit yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.
      Direktur Utama RS Sumber Waras, Abraham Tejanegara, mengatakan, proses jual beli mulai dilakukan pada pertengahan Mei 2014.
      Ketika itu, pihak RS Sumber Waras mengetahui bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diberitakan telah membeli lahan RS Sumber Waras senilai Rp 1,7 triliun.
      "Pada pertengahan Mei 2014, kami melihat running text bahwa Ahok (sapaan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama) telah membeli RS Sumber Waras senilai Rp 1,7 triliun," ujar Abraham di RS Sumber Waras, Tomang, Jakarta Barat, Sabtu (16/4/2016).
      Padahal, menurut Abraham, pihak RS Sumber Waras ketika itu tidak pernah menawarkan lahan mereka atau pun berhubungan dengan Pemprov DKI.
      "Kami pada dasarnya tidak pernah menawarkan lahan RS Sumber Waras kepada Pemprov DKI," kata Abraham.
      Sebab, sejak November 2013, RS Sumber Waras tengah melakukan pengikatan jual beli dengan PT Ciputra Karya Utama (CKU).
      Dalam perjanjian jual beli, kata dia, PT CKU akan menjadikan lahan tersebut sebagai wisma susun.
      Namun, karena dalam waktu yang ditentukan PT CKU tidak dapat memenuhi perjanjian tersebut, maka proses jual beli pun dibatalkan.
      Selain itu, proses jual beli pun dibatalkan karena Pemprov DKI tidak mengizinkan pembangunan wisma susun tersebut.
      Hal itu disampaikan Ahok saat bertemu dengan pihak RS Sumber Waras yang hendak mengonfirmasi pemberitaan pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI.
      "Pada waktu pertemuan tersebut (dengan Ahok), Pak ahok mengatakan bahwa pada dasarnya dan tidak mungkin perizinan itu diubah karena sampai saat ini DKI masih kekurangan rumah sakit," tutur Abraham.
      Menurut Abraham, pihak rumah sakit hendak menjual sebagian lahannya untuk melakukan peremajaan.
      Pada saat itulah Ahok menawarkan agar RS Sumber Warasmenjualnya kepada Pemprov DKI.
      "Di situlah Pak Ahok bilang, 'Kenapa lahan tersebut enggak dijual saja ke pemprov DKI tetapi dengan satu syarat dijual dengan harga NJOP?'," kata Abraham.
      Akhirnya, tanah yang hendak dijual kepada PT CKU itulah yang dijual RS Sumber Waras kepada Pemprov DKI.
      Mulanya, selain pembelian dengan harga NJOP, pihak RS Sumber Waras pun meminta harga beli bangunan senilai Rp 25 miliar. Namun, Pemprov DKI tidak menyetujuinya.
      "Pada 17 Desember 2014 terjadi penandatanganan akta pelepasan hak dari RS Sumber Waras ke Pemprov DKI. Di dalam akta tersebut, harga tanah sesuai NJOP yang menganut pada PBB tahun 2014, yaitu Rp 20.755.000. Kedua, bangunan senilai Rp 25 miliar," papar Abraham.
      Setelah bernegosiasi, pihak RS Sumber Waras pun mengabulkan permintaan Pemprov DKI dengan membatalkan harga pembelian bangunan.
      Pemprov DKI pun membeli lahan seluas 36.410 meter persegi itu pada akhir 2014. "Jumlah tepatnya Rp 755.689.550.000, kita terima di rekening kita yang di Bank DKI, ditransfer," sebut Abraham.
      Lahan yang dijual kepada Pemprov DKI ini merupakan lahan sayap kiri yang dimiliki RS Sumber Waras. Sementara itu, bagian sayap kanan RS Sumber Waras memilik sekitar 3,3 hektare.
      Dalam sertifikat hak guna bangunan, lahan tersebut atas nama Yayasan Kesehatan Sumber Waras.
      Menurut Abraham, total lahan seluas 69.888 yang terdiri dari dua bidang tanah itu hanya memiliki satu lembar PBB.
      Abraham mengaku tidak mengerti perihal tersebut karena pemerintah yang mengatur itu.
      "Itu yang mengatur dari pemerintah dan kita tidak tahu kenapa jadi satu, itu sudah berjalan sejak 1970, tidak pernah berubah," kata dia.

      Ahok: Rizal Ramli Silahkan Buat Alasan Tertulis Stop Reklamasi

      Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahokmengaku punya kewenangan setara menteri.

      Pernyataan itu dilontarkan Ahok menanggapi kritik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli yang menilainya sebagai pembela pengembang proyek reklamasi.

      "Anda juga jangan lupa ya, gubernur DKI setara dengan menteri, undang-undang yang tulis. Ini undang-undang mengatakan khusus gubernur DKI jabatannya setara dengan menteri," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

      Ahok menyatakan, pihaknya meminta Menko Maritim membuat alasan tertulis penghentian reklamasi Pulau G kepada Presiden Jokowi. Sebab reklamasi mengacu pada Keputusan Presiden Nomor 52 tahun 1995, bukan keputusan menteri.

      "Kalau Anda mau buat buat alasan, mau ciptakan alasan hebat pun silakan. Orang pintar kok, doktor kok, kalau saya kan tidak doktor. Tolong kasih saya alasannya tertulis," ujar Ahok.

      Ahok membantah membela pengembang. Dia bahkan berjanji akan menyetujui penghentian reklamasi pulau G jika Rizal Ramli membuat surat tertulis ke presiden.

      "Saya bukan membela ini pulau harus dipertahankan, bukan lho. Jangan dipelintir-pelintir bahasa saya ya. Bagi saya kalau Anda ada perintah tertulis dasar hukumnya jelas, biasanya Kepres dibatalin, saya ikut, pasti ikut. Menko lebih tinggi, ada tiga menteri, masa gubernur enggak mau ikut," kata Ahok.

      Ahok pun menilai Rizal Ramli tak pantas melontarkan pertanyaan dirinya sebagai Gubernur DKI atau karyawan pengembang proyek reklamasi.

      "Kalau dia ngomong kayak gitu, menurut saya tidak pantas. Ngomong kalimat 'ini gubernur atau karyawan Podomoro.' Kalau gue karyawan Podomoro, gue udah kenakan (kontribusi tambahan) 15 persen, bos," ucap Ahok.


    Top